TENTANG KASIH

TENTANG KASIH
(Salinan dari Berbagai Sumber)

KASIH AGAPE :
Kata benda αγαπαω - AGAPAÔ dengan kata kerjanya αγαπαν - AGAPAN, yang kita terjemahkan AGAPE, artinya kasih yang tanpa perhitungan dan tanpa peduli orang macam apa yang dikasihinya.

Ini  adalah jenis kasih pada level tertinggi , di mana jenis kasih ini sama-sekali tidak memandang bulu, tidak bersyarat, tidak melihat keadaan orang yang dikasihi , tidak mengungkit-ungkit kesalahan, bersifat terus-menerus dan sama-sekali berdasarkan kasih yang benar-benar tidak mengharapkan imbalan.  Inilah jenis kasih yang hanya dimiliki oleh Tuhan saja! Ketika Tuhan mengasihi kita, Ia memberikan kasihNya tanpa syarat!

KASIH PHILEO :
Kata benda φιλεω - PHILEÔ dengan kata kerjanya φιλειν - PHILEIN berarti kasih sayang yang sejati antar sahabat dekat. Biasanya kasih ini tidak mempunyai hubungan darah. Kasih ini lebih kepada persahabatan.

Ini adalah kasih antara sahabat , antara teman , antara sesama manusia , atau kasih manusia kepada Tuhan , yang tidak sama dengan kasih agape Allah  kepada manusia! Kasih jenis ini terjadi antara orang-orang yang tidak ada pertalian darah. Sekalipun kita mengasihi orang dengan membantu pada korban bencana alam , tanpa pamrih dan tanpa syarat, namun kebaikan kita hanya segelintir saja dari seluruh kebaikan yang harus dikerjakan , dan lagi pula tidak terus-menerus selama-lamanya! Sering juga kasih kita kepada sahabat terputus akibat satu dan lain hal , jadi tidak kekal .

KASIH EROS:
Kata EROS dari kata Yunani, yang kita terjemahkan EROS, artinya kasih asmara antara pria dan wanita yang mengandung nafsu birahi.

Ini adalah jenis kasih antara manusia yang berlawanan jenis , dalam hubungan suami-isteri, bertunangan, berpacaran dan sebagainya yang mengandung unsur ketertarikan kepada lawan jenis.
Jenis kasih ini sering kali bersyarat, harus cantik, harus ganteng , harus mapan , harus setia , harus begini dan harus begiru! Dalam banyak hal, kasih jenis ini mengandung unsur birahi .

STORGE:
Kata benda στοργη - STORGÊ dengan kata kerjanya STERGEIN berarti kasih mesra dari orang tua kepada anaknya dan begitu juga sebaliknya.

Ini adalah jenis kasih orang-tua kepada keturunannya, kepada anak-anak-nya , kepada cucu-cucunya. Jadi ada pertalian darah! Orang tua harus mengasihi anak-anaknya, otomatis mengasihi cucu-cucunya, dan atau sebaliknya .  Baik seorang ayah maupun seorang ibu bertanggung jawab untuk mengasihi anak-anaknya. Dan saya harus berterus-terang, bahkan harimau yang seganas apapun tidak akan pernah memakan anaknya sendiri .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT. TEOKRASI SERVINDO UTAMA

HARUS BERAPA KALI AKU MEMAAFKAN